Tesis

Gambaran Berbagai Kondisi yang Merupakan Faktor Risiko Kejadian Prehipertensi pada Pilot Sipil di Indonesia = A Portrait of Various Conditions that are Risk Factors for Prehypertension Event among Civil Pilots in Indonesia.

Studi ini membahas gambaran berbagai kondisi yang merupakan faktor risiko kejadian prehipertensi pada pilot sipil di Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan wawancara mendalam terhadap informan kunci dari pilot dan pemangku kepentingan, serta studi dokumen dari Undang-Undang dan peraturan yang mengatur tentang kesehatan dan keselamatan penerbangan. Hasil penelitian menunjukkan gaya hidup yang berisiko prehipertensi pada pilot tergambar jelas, diantaranya stressor kerja, kebiasaan merokok dan minum minuman alkohol yang tinggi, kegemaran pergi ke nightclub saat libur, kurang kesadaran dan motivasi untuk berolahraga, serta pola makan yang bebas dan tidak terkontrol pada pilot.
Kata kunci: Pilot, prehipertensi, faktor risiko


This study aims to describe various conditions which are risk factors for prehypertension among civil pilots in Indonesia. This research uses qualitative method, through in-depth interview with key informants consisting of pilots and relevant stakeholders, as well as a study on the documents of laws and regulations governing aviation health and safety. The results showed that the lifestyle at risk for prehypertension among civil pilots was clearly illustrated, including workload stressor, high smoking and alcoholic habits, hobbies of going to nightclubs on off day, lack of awareness and motivation to do physical activity, also uncontrolled diet pattern of pilots.
Keywords: Pilot, prehypertension, risk factor

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2018
Pengarang

Mario Damianus Daniel Hadinoto - Nama Orang
Budhi Setianto - Nama Orang
Dhanasari Vidiawati - Nama Orang

No. Panggil
T18434fk
Penerbit
Jakarta : Program Studi Kedokteran Penerbangan.,
Deskripsi Fisik
xv, 156 hal; ill; 21 x 30 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
T18434fk
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
T18434fkT18434fkPerpustakaan FKUITersedia
Image of Gambaran Berbagai Kondisi yang Merupakan Faktor Risiko Kejadian Prehipertensi pada Pilot Sipil di Indonesia = A Portrait of Various Conditions that are Risk Factors for Prehypertension Event among Civil Pilots in Indonesia.

Related Collection